Teknologi JAVA
Teknologi terkini yang terkenal antara lain adalah:
- Aspect
- Annotation

Aspect digunakan untuk menambahkan fungsionalitas ke object yang sudah ada secara transaparan. Misalnya otorisasi, siapa boleh memanggil method apa. Kalau kita coding secara manual ke method, akan ada kode otorisasi di semua method, sehingga banyak terjadi duplikasi. Istilah pemrogramannya, kode seperti ini tidak ortogonal. Tambahkan kode untuk logging, buka-tutup resource, dan lainnya, maka kode program kita akan menjadi sangat-sangat tidak efisien dan sulit dimaintain. Dengan Aspect, kode yang tersebar dan terduplikasi ini dapat dikumpulkan di satu tempat saja. Tanpa Aspect, kita dapat mencapai tujuan yang sama dengan pattern Interceptor.

Annotation adalah implementasi metaprogramming di Java. Metaprogramming artinya memprogram program itu sendiri. Salah satu contoh penggunaan annotation adalah untuk menerapkan Aspect pada kode. Jadi, di dalam kode program, kita menambahkan kode annotation untuk mengkonfigurasi Aspect. Masih banyak lagi penggunaan annotation yang meningkatkan produktivitas. Contoh lain adalah konfigurasi mapping tabel database dengan business object.

This entry was posted on Minggu, 22 Juli 2012 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply